We All Need To THINK FRESH!

Sepertinya saya ditakdirkan untuk 'bertemu dengan buku Think Fresh ini.

Hari Kamis (29/9) lalu, saya mengembalikan buku pinjaman di perpustakaan Japan Foundation di Gedung Summitmas. Mengetahui teman saya sedang ada acara di Plaza Senayan, saya pun hendak menyusul. Sekalian mau muter-muter di mal. Yang saya tahu, teman saya datang acara peluncuran buku di Kinokuniya tapi tidak tahu buku apa dan siapa.

Sampai di Plaza Senayan, tak jauh dari jam besar di tengah atrium, saya papasan dengan Awkarin. Takdir ya ini. Sayang saya nggak mengajak foto atau mengajak collab bareng. #apeu

Tiba di Kinokuniya, saya baru tahu kalau ada peluncuran buku berjudul Think Fresh. Buku karya ini merupakan karya Danny Oei Wirianto dan bersampul gambar kulit jeruk. So fresh!

Saya malah jadi ikutan teman saya menyimak talkshow peluncuran buku Think Fresh ini. Penasaran.

Who is Danny Oei Wirianto?

Ada yang tidak tahu siapa Danny Oei Wirianto? Saya pun sebelum hari itu tidak tahu tepatnya siapa beliau. Yang saya yakin sih pasti orang keren. Di dalam acara launching, Danny memperkenalkan dirinya. Ternyata, ia merupakan salah satu insan dibalik suksesnya Kaskus. Ia juga melahirkan dan membantu perkembangan banyak perusahaan digital, antara lain: DailySocial, Mindtalk, Lintas.me, dan lain-lain.

Yang unik dari Danny adalah bahwa latar pendidikannya adalah seni rupa. Ia mengenyam pendidikan sarjana di Kendall College of Art and Design, Michigan, Amerika Serikat. Namun ia juga mempelajari tentang html dan membangun website, yang kemudian membawanya direkrut oleh Adobe Systems. Pelajaran dari pengalamannya yang multibidang dan telah 20 tahun lebih, dituangkannya dalam buku Think Fresh.

We All Need To THINK FRESH!

Acara launching buku Think Fresh, dimulai dengan perkenalan singkat dari sang penulis yang dilanjutkan dengan penyerahan dummy buku secara simbolis menandakan resminya buku Think Fresh di-launch di toko buku Gramedia dan Kinokuniya. Penjualan Think Fresh sudah dibuka secara online dan sudah terjual sebanyak 3000 eksemplar.


Lalu dilanjutkan dengan sharing oleh Danny yang juga merupakan isi garis besar buku Think Fresh. Buku ini diluncurkan untuk mengingatkan para pembaca untuk memperbaiki pola pikir. Karena menurutnya, orang-orang Indonesia memiliki mental problem.

Orang Indonesia cenderung suka mengkerdilkan orang lain. Contohnya, suka men-cieee-kan orang lain. Mungkin biasa, tapi seringnya mengkerdilkan dan membuat orang lain minder.

Banyak orang suka menyalahkan nasib atas keadaan yang dialami. Padahal yang kita rasakan, adalah yang kita pikirkan dan usahakan. Bukan salah si nasib, yha khan?

Banyak orang yang memiliki pemikiran terlalu negatif! Takut gagal, takut dinilai orang lain, takut mencoba, negatif mulu. Berita yang lalu lalang adalah berita negatif, isi sinetron negatif melulu, semua negatif.

Memang ya, we all need to THINK FRESH!

Bagaimana caranya?
Control your ego. Jangan merasa paling pintar, jangan sakit hati apabila dihina.

Control your emotion. Don't let it controls you. Emosi itu bisa bikin kamu tolol! Nggak cuma kamu sih, saya juga.

Control your ambition to win. Ingin menang tentunya sah-sah saja, tapi apabila terlalu berlebihan ingin menang, kalau ternyata kalah, nanti malah sirik dengan si pemenang dan sakit hati berkepanjangan.

Mantra-mantra hidup Danny yang lain? Lengkapnya, baca di THINK FRESH dong.

Talkshow di Book Launch Think Fresh. Credit: Lidya Fitrian
Setelah sharing oleh Danny, terdapat sesi talkshow yang dimoderatori oleh Rene Suhardono Canoneo dan juga terdapat bintang tamu dan endorser buku ini, Giring Ganesha. Keduanya adalah kawan karib Danny. Semacam berasa takdir lagi. Baruuu saja kemarinnya saya baca buku Rene yang berjudul Ultimate U. Btw, seru banget deh talkshow-nya.


Saya sudah baca sampai selesai buku THINK FRESH ini. Saya belajar banyak dari buku ini dan sangat termotivasi. Buku ini tak hanya cocok untuk orang dewasa namun juga kanak-kanak karena dilengkapi ilustrasi menarik dan bahasa yang sederhana.

Semua bagian mengena di hati dan benak saya.
Tapi yang paling kena: harus rajin!
Jangan malas!

Judul: Think Fresh
Penulis: Danny Oei Wirianto
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Halaman: 177 halaman
Cetakan: I 2016
Harga: Rp 85.000

5 comments: