Belajar Digital Marketing dan Mengelola Konten di #KopdarCNI

"The strength of work automatically creates opportunities." 
♫ Ani Berta ♫

Dua minggu lalu, tiba-tiba mataku fokus ke arah sidebar sebelah kiri page Facebook untuk blogku. Di sana tertera informasi bahwa aku bisa mem-boost postinganku di page hingga terjangkau oleh dua ribuan orang hanya dengan 13000 perak. Hanya sedikit lebih mahal dari ongkos ojek online maksimal 10 kilometer. Meski murah, tapi mikir-mikir lagi, hmmm, emang konten di postingan page-ku se-oke apa sampai pede banget diiklanin? Lagian aku juga nggak jualan barang?

Eh kok ya minggu depannya, tentang Facebook Ads dibahas di acara yang aku datangi. Hurray!

❤❤❤

Hadiah untuk #KopdarCNI. Up Green Tea, Hot Chocolate, produk dari CNI dan Power Bank.

Bertempat di Burger King Plaza Festival, dilaksanakan sebuah acara sharing mengenai digital marketing bersama Gerai CNI yang dibawakan oleh Niko Riansyah, pengelola social media Gerai CNI, dan Ani Berta, blogger yang udah take blog to next level banget. Materi pertama dibawakan oleh Niko Riansyah mengenai pemasaran digital apa saja yang sudah dilakukan oleh Gerai CNI dan selanjutnya oleh Ani Berta yang menjelaskan bagaimana cara mengelola dan memproduksi konten, terutama untuk blog.

Digital Marketing bersama Niko Riansyah

Setelah sedikit mengintip (baca: stalking) akun Facebook-nya, Niko Riansyah ini masih muda belia. Ia memiliki latar belakang pendidikan di bidang perhotelan dan sempat bekerja di bidang yang sama, namun akhirnya belajar otodidak mengenai pemasaran digital dan terjerumus ke dunia ke-social media-an. Kini, ia bertanggung jawab mengelola situs web dan social media milik Gerai CNI.

Niko Riansyah (kiri) dan Gusti Syailendra, Internet Marketing Development geraicni.com

Dalam meningkatkan reach Gerai CNI, Niko menggunakan beberapa sarana pemasaran digital seperti Facebook, Instagram, Twitter, Instagram, Youtube, Google+, dan MailChimp. Lebih detilnya, Gerai CNI juga melancarkan promosinya melalui fitur Boost Post di Facebook dan Google Display Networks di Google. Tentunya, 'pasang iklan' Gerai CNI juga tak sembarangan pasang iklan. Niko dengan lihat mengatur waktu promosi.

Contohnya, pemasangan iklan berdasarkan keywords di Google dilakukan pada pukul 10.00-14.00 hari kerja. Alasannya, pada jam itulah para pekerja penat di kantor dan melakukan belanja atau sekadar browsing via Google. Sementara itu, pada akhir pekan, orang-orang cenderung santai-santai dan membuka social media. Saat itu lah, iklan di Facebook akan lebih maksimum.

Untuk pemasangan iklan, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan. Meskipun Gerai CNI menjual produk, Niko berusaha untuk tidak terlalu hard selling. Seperti kata Niko, 'don't hard sell, tell stories well.' Penyusunan materi promosi secara garis besar terdiri dari tiga tahap: Generate idea, Creative visual. Ready to publish!

Gara-gara mendengar sharing dari Niko, aku pun jadi fix ingin mencoba Facebook Ads untuk page blog-ku. Ambil yang nggak terlalu mahal, buat coba-coba, o((*^▽^*))o Nggak ada salahnya yha kan, buat nambah readership #sokiye.

Mengelola dan Produksi Konten by Ani Berta

Di akhir acara, Ani Berta membagikan satu tas yang didapatnya dari acara ASEAN Work-Life Balance Conference. Pemenangnya dipilih dari empat kontestan yang ditanya oleh Ani Berta, apa yang didapat dari acara ini dan apa yang akan dilakukan sepulangnya dari sini. Elisa Koraag, blogger berlatar belakang jurnalis, berkata bahwa dalam acara ini ia mendapatkan semangat berbagi Ani Berta yang tidak pernah berhenti berkobar (kayak api yha kan (*^▽^*) )

Ya, memang begitu sosok Ani Berta, ia tidak pelit untuk membagikan pengalamannya. Ia yakin berbagi tak akan mengurangi, namun menambah banyak.


Terkadang, susah sekali rasanya memulai menulis karena nggak tahu mau menulis apa. Padahal sebenarnya sumber konten bagaikan udara, ada di mana-mana. Di #KopdarCNI, Ani menjelaskan bagaimana menghasilkan konten dan mengelolanya. Sumber konten terbagi menjadi tiga, 1) Berbagi informasi, seperti cara membuat NPWP, tips menata rumah, bahkan sesepele menulis jalur bus umum yang bisa digunakan, 2) Berbagi edukasi, misalnya menulis sesuai dengan latar belakang pendidikan, dan 3) Berbagi opini.

Sebaiknya, kita memiliki catatan apa saja yang hendak ditulis dan sudah semestinya tertib update blog supaya tidak ada PR yang menumpuk dan semua dikejar menjelang deadline. Selanjutnya, konten yang sudah di-publish hendaknya disebar di social media. Konten yang ciamik ditambah share yang tepat sasaran akan membuka peluang lho, baik mendapat job menulis sampai tawaran jadi pembicara.

Harus makin rajin ya! *ngomong sama diri sendiri*

❤❤❤

Ada yang pernah mengkonsumsi produk CNI? Dulu jaman SMP, aku konsumsi produk CNI-Sun Chlorella. Sedangkan sekarang, beberapa kali aku minum Up Hot Chocolate-nya CNI. Sekarang, kalau teman-teman butuh produk CNI, nggak susah lagi, karena tinggal cusss ke webnya Gerai CNI (geraicni.com).


Ini dia tampilan home situs web Gerai CNI.

Untuk belanja di Gerai CNI, sangat praktis dan mudah. Teman-teman hanya tinggal browse produk CNI yang ingin dibeli, lalu klik BELI. Produk yang teman pilih bakal masuk ke Keranjang Belanja (Cart). Apabila sudah selesai memilih produk, lalu klik CHECKOUT



Akan muncul kolom sign in yang harus di isi. Kemudian terdapat isian informasi alamat pengiriman. Pembayaran dapat dilakukan dengan BCA, Mandiri, dan kartu kredit berlogo Visa dan Mastercard. Setelah pembayaran terkonfirmasi, tunggu barang yang teman pesan sampai di depan rumah! Yeay! Teman-teman bisa juga loh daftar afiliasinya. Bakal dapat poin kalau ada transaksi dari referral-mu~! (*^▽^*)

3 comments:

  1. makasih sudah hadir di acara ini ya, Una :)

    ReplyDelete
  2. Iya nih.. aku jg jd melek ttg FB ads gegara acara ini, belum coba sih.. Hasilnya gimana Una? udh coba blm?

    ReplyDelete
  3. Penawaran boost Fb adsku mayan mahal, na. Hiks. Masa 67 rb an untuk reach 2000 orang. Kalau dilihat dari minimal budgetnya yg 10 rb, bisa dicoba nih. Siapa tahu lebih banyak pembaca baru yang tertarik buat baca2 artikelnya.

    ReplyDelete