Walk-through: Aplikasi MyJNE dan Menu MyCOD

Setiap bulan, pasti ada aja barang yang dikirim. Dan paling sering, aku mengirim paket atau dokumen dengan JNE, karena agennya berlokasi paling dekat dari rumah. Kalau pas mbak JNE-nya lagi nginputin data pengirim dan penerima, aku selalu merhatiin. Sampai beberapa bulan lalu, ada yang berbeda...

Kalau memasukkan nomor hape di data penerima, data lainnya, seperti nama dan alamat pengirim, langsung otomatis keluar! Mbaknya nggak perlu masukin satu per satu, nama dan alamatku. Wihhh makin praktis! Oh, teknologi.

♥♥♥

Rambutnya Mbak-Mbak JNE nampang dikit.

Canggihnya JNE pun nggak cuma sebatas input nomor hape, dan tadaaa~ data lengkap pengirim keluar. Sekarang JNE punya aplikasi yang bisa diinstal di perangkat Android: MyJNE. Di aplikasi yang diluncurkan awal tahun 2016 ini, ada beberapa hal yang bisa para pengguna lakukan, yaitu:
★ Cek status pengiriman
★ Cek tarif ongkos kirim berdasarkan kota asal dan tujuan, berat, dan dimensi paket.
★ Cek lokasi JNE terdekat
★ Menu MyCOD!

Kalau kamu belum instal MyJNE, tonton screenshot videoku deh. Aku ajak teman-teman buat jalan-jalan menelusuri MyJNE.



Revolusi Lain dari MyJNE: MyCOD

Di dalam aplikasi MyJNE, disebut-sebut bahwa fitur utamanya adalah MyCOD. Buat yang suka melakukan transaksi jual beli online, COD ini bukan Cash on Delivery lho ya, melainkan Cash On Digital. Jadi, dengan fitur ini pengguna dapat menggunakan rekening virtual untuk bertransaksi online.

How MyCOD Works?

❤ Pembeli menentukan jenis barang yang ingin dibeli dan menginformasikan kepada penjual.
❤ Penjual mengisi form Create Order seperti di bawah ini:


❤ MyCOD akan memproses order dan akan mengirimkan invoice kepada pembeli.
❤ Pembeli menerima invoice melalui aplikasi MyJNE, SMS, atau e-mail dan melakukan pembayaran.
❤ Setelah MyCOD mengkonfirmasi pembayaran, penjual mengirim barang.
❤ Pembeli akan menerima barang dan penjual menerima uang pembayaran yang akan masuk ke MyCOD Wallet. Penjual dapat mentransfer saldo MyCOD Wallet ke rekening yang telah diinput ke aplikasi.

Awalnya aku mikir, rempong banget ya, apa coba bedanya sama transfer biasa aja langsung ke rekening bank penjual ya kan? Tapi, setelah mempelajari MyCOD, dengan menggunakan fitur ini, transaksi AMAN deh. Nggak ada tuh istilah uang terkirim ke penjual online/online shop yang bandel. Lagian, sebagai pembeli, kita bisa nge-track di aplikasi MyJNE. Nggak perlu nunggu si penjual mengirimkan tracking code!

Aplikasi MyJNE ini cuma satu dari tujuh inovasi baru yang dilakukan JNE mulai awal tahun ini. Ada enam lainnya, yaitu: JNE Popbox, @BoxPrepaid, Promo JNE Super Speed, JNE International Shipment, Layanan CD Music, dan JNE Trucking. Kamu sudah coba yang mana?


4 comments: